CARA JITU MEMASARKAN BUKU

 

PELATIHAN MENULIS GELOMBANG 17

PERTEMUAN 16

JUDUL                 : Strategi Pemasan Buku di saat Pandemi..

WAKTU               : Senin, 8 Februari 2021

NARA SUMBER : Agustinus Subardana

MODERATOR    : AAM NUR HASANAH

 

Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Adapun genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).

Di Indonesia industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.

Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.

Sedangkan Penerbit Andi  masih terus bertahan bahkan Offset bisa bertumbuh.Hal ini di buktikan th 2021 ini Penerbit Andi akan membuka cabang representative... (Stokis)  sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di indonesia.

Adapun Strategi pemasaran penjualan buku  harus memperhatiakn  jenis buku dan kategori buku  yang di terbitkan. Kemudian  melakukan  pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan .

Adapun  strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi beberapa faktor

1.    Faktor micro           : Perantara, pemasaran,pesaing,masyarakat

2.    Faktor makro          : Demografi,ekonomi,politik,hukum,sosial budaya

 

Adapun Strategi Pemasaran buku  yang dilakukan penerbit Andi adalah

  1. Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dilakukan :

·         Karena minimnya sentuhan fisik, maka  transformasi gigital mutlak diperlukan

·         Mengikuti pola hidup masyarakat saat ini yang cenderung  ke arah digital.Pemasaran ini lebih murah,jangkauan luas,mudah menentukan target pasar,dapat pakai medsos yang ada,mudah dievaluasi dan dikembangkan.

Yang perlu diprhatiakn adalah promosi,menarik konsumen baru,menstabilkan penjualan dan mengembangkan keunggulan .

Pemasaran melalui komunitas.Aktif promosi melalui webinar,toutube,chanel

  1. strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line )sebagai berikut :

·         Memetakan wilayah potensial untuk membuka cabang

·         Menjalin kerjasama dengan jaringan toko buku di seluruh Indonesia

·         Perhatikan juga promo potongan harga.

·         Menyediakan banner promosi.

  1. Mengembangkan sistem Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

·         Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

·         Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

·         Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAGI MELALUI TULISAN

PEMICU DALAM MENULIS

2 JAM BERSAMA BU NORA (KIAT PRODUKTIF MENULIS)